Monday, March 16, 2015

PS4 Bakal Bisa Mainkan Game PS1 dan PS2

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Bagi mereka penggemar game-game PlayStation, ada kalanya ingin bernostalgia memainkan game-game PlayStation lawas di era pertama kali kemunculannya. Namun, keterbatasan konsol dan CD game yang tersedia kadang menjadi penghambat.

Saat PS4 mulai dipasarkan pun telah berhembus kabar jika konsol game terbaru Sony tersebut bakal mendukung game-game PlayStation generasi pertama dan kedua, walau melalui mesin emulasi di dalamnya.

Namun, dikutipp dari BGR (25/3/2014), menurut sumber dalam Sony, sat ini perusahaan sedang berusaha membuat agar PS4 bisa digunakan untuk memainkan game-game PS1 dan PS2, dalam grafis Full HD 1080p. Namun tak smeua game PS1 dan PS2 yang akan dibuat, melainkan beberapa judul game populer saja.

Bocoran info tersebut muncul dari akun Twitter Ahsan Rasheed (@thuway), seorang yang telah lama malang-melintang di industri game, dan banyak memberikan tips-tips bermanfaat seputar dunia dan industri game.

Kabar tersebut juga senada dengan gosip yang beredar pada Januari lalu yang mengatakan bahwa game-game PS klasik akan bisa dimainkan dalam emulasi PS4, terpisah dari layanan streaming game PlayStation Now.

PS4 sebelumnya dikritisi karena tidak memiliki kemampuan kompatibilitas ke belakang. Untuk itu Sony memberikan layanan streaming game PlayStation Now bagi gamer yang ingin memainkan game-game PS3.

Sementara untuk PS1 dan PS2, Sony saat itu dikabarkan memiliki strategi untuk menambahkan mesin emulasi dalam PS4.

"Keputusan Sony untuk menggunakan mesin emulasi dibanidng streaming PlayStation Now sangat menarik, karena lebih sesuai untuk gamer," ujar pengamat industri game, Richard Leadbetter.

"Dengan menjalankan kode di mesin lokal, maka Sony bisa memberikan pengalaman yang lebih asyik dalam hal latensi input dan kualitas gambar, belum lagi jika harus streaming, pengguna butuh bandwidth yang besar," imbuh Leadbetter.

Namun bocoran tentang informasi tersebut belum dikonfirmasi oleh Sony. Jika benar, maka setidaknya Sony akan mengumumkan kemampuan dukungan PS4 terhadap game PlayStation jadul di ajang E3 Expo di Los Angeles, pada 10-12 Juni 2014 mendatang.

0 comments:

Post a Comment