Monday, March 30, 2015

Cara Apple Ungguli Google dan Microsoft

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Mau tak mau, harus diakui bahwa model bisnis yang dianut Apple sejauh ini telah terbukti sebagai strategi yang jitu. Apple berhasil meraup keutungan besar dan membuat konsumennya loyal. Apa sih rahasianya?

Menurut pengamat teknologi John Gruber, ada satu alasan utama Apple masih mampu memiliki keunggulan besar dibandingkan kompetitornya. 

Hal itu tak lain bisa dilakukan Apple sebab perusahaan mampu mengontrol setiap aspek produk-produknya, mulai dari hardware hingga software.

Dikutip dari BGR (16/6/2014), Gruber mengatakan bahwa tak seperti Microsoft dan Google, Apple tidak terlalu menggantungkan diri kepada vendor pihak ketiga untuk memasarkan softwarenya di pasar.

"Microsoft dan Google memang memiliki pasar yang besar, namun keduanya tidak memiliki kontrol terhadap perangkat-perangkat yang menjalankan platformnya," ujar Gruber.

Di sisi lain, Samsung dan Amazon dianggap Gruber mampu mengontrol perangkat-perangkat mereka, namun keduanya tidak bisa mengontrol OS di tingkat paling dasar.

Sementara Google dan Microsoft tidak bisa memaksa OEM untuk membuat perangkat atau komputer yang lebih baik lagi. Atau, meminta mereka untuk tidak menambahkan add-on lain yang sebenarnya tidak perlu.

Microsoft dan Google sebenarnya sudah berupaya untuk meningkatkan standar mutu perangkat-perangkatnya. Microsoft telah membuat hardware sendiri dengan lini tablet Surface-nya, sementara Google memiliki program Android Silver.

Namun, usaha keduanya tersebut lagi-lagi tidak bisa memberikan kendali penuh atas perangkat-perangkatnya. Berbeda dengan yang bisa dilakukan oleh Apple pada iPhone dan iPad-nya.

Apple, karena memiliki kontrol penuh, bisa secara bebas mengutak-atik perangkatnya sesuai keinginan. Satu hal yang sejauh ini belum bisa dimiliki Google dan Microsoft lewat Android dan Windows Phone-nya.

0 comments:

Post a Comment